Saturday, December 8, 2012

Mapel Bahasa Inggris SD Tidak Dihapus

0 comments

Perihal penghapusan mata pelajaran bahasa Inggris dari kurikulum untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) sempat diwacanakan. Menanggapi hal ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali memberi klarifikasi mengenai keberadaan mata pelajaran Bahasa Inggris untuk SD.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, mengatakan bahwa mata pelajaran bahasa Inggris untuk jenjang SD memang tidak pernah diwajibkan. Untuk itu, tidak ada penghapusan mata pelajaran bahasa Inggris dalam perombakan kurikulum untuk tingkat SD. Memang dari dulu tidak ada mata pelajaran wajib bahasa Inggris. Selama ini, mata pelajaran bahasa Inggris di tingkat SD itu masuk ke mulok bukan mapel wajib.

Beliau mengatakan bahwa mata pelajaran bahasa Inggris SD memang tidak akan dimasukkan dalam enam mata pelajaran wajib untuk tingkat SD dalam kurikulum baru. Hal ini mempertimbangkan daerah-daerah lain yang berada di pelosok dan tenaga pengajar juga terbilang masih minim.

Kendati demikian, bagi sekolah yang menjadikan bahasa Inggris sebagai muatan lokal atau pelajaran tambahan dapat tetap dilakukan selama konten yang diberikan tidak membebani dan dapat diterima baik oleh anak-anak.

Mata pelajaran Bahasa Inggris di jenjang sekolah dasar (SD) dianggap masih penting bagi siswa. Sebab, ke depan generasi bangsa ini akan menghadapi persaingan global dan membutuhkan bahasa tersebut untuk komunikasi.Apabila melihat kondisi percaturan global dan sekolah menengah pun sudah berstatus rintisan bertaraf internasional. Dengan demikian mapel bahasa Inggris tetap dirasa perlu bagi siswa SD. Bagaimanapun bahasa asing tersebut perlu ditanamkan sejak dini untuk siswa di sekolah dasar (SD).

Related Articles:

Leave a Reply

Arsip Website

 
Mapel SD © 2011 Grade science & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends